Minggu, 18 Februari 2018

Kubah Masjid Pertama Di Indonesia - 081235558859

Kubah Masjid Pertama Di Indonesia

Banyak umat Islam maupun non muslim yang meyakini bahwa kubah (Inggris=dome) adalah warisan asli budaya Islam. Padahal itu adalah asumsi yang sangat keliru, karena kubah bukan hanya digunakan pada bangunan masjid, tapi juga gedung-gedung ataupun rumah ibadah non muslim juga. Konon, peradaban Mesopotamia lah yang pertamakali memperkenalkan dan menggunakan kubah pertama pada arsitektur bangunan mereka, diperkirakan sekitar 6000 tahun silam. Mesopotamia sendiri terletak di antara dua sungai besar, Eufrat dan Tigris. Daerah yang kini menjadi Republik Irak itu di zaman dahulu disebut Mesopotamia, yang dalam bahasa Yunani berarti “(daerah)” di antara sungai-sungai”. 

Namun ada pula yang menyatakan bahwa kubah mulai muncul pada masa imperium Romawi, sekitar tahun 100 M. Salah satu buktinya adalah bangunan Pantheon (kuil) di kota Roma yang dibangun Raja Hadria pada 118 M-128 M.

Penggunaan kubah tercatat mulai berkembang pesat di periode awal masa Kristen. Struktrur dan bentang kubah pada waktu itu tak terlalu besar, seperti terdapat pada bangunan Santa Costanza di Roma. Pada era kekuasaan Bizantium, kaisar Justinian mulai membangun kubah kuno yang megah. Dia menggunakan kubah pada bangunan Hagia Sophia di Konstantinopel. Gereja yang kemudian beralih fungsi menjadi masjid dan kini menjadi museum ini adalah salahsatu bukti bahwa kubah bukanlah dari peradaban Islam murni.  Bahkan di Moskow Rusia, ada juga bangunan katedral yang menjadi ikon kota Moskow dengan kubah pada bagian atasnya, sehingga dalam pandangan sekilas akan terlihat sangat mirip bangunan masjid.

Kubah Masjid Pertama di Indonesia


Dari sebuah sumber disebutkan, kehadiran kubah pada bangunan masjid di Indonesia terbilang baru, sekitar abad ke-19 M. Bahkan di Jawa, atap masjid berkubah baru muncul pada pertengahan abad ke-20 M.
Tapi jauh sebelumnya, masjid-masjid di Indonesia tidak mengunakan desain kubah pada bagian atas masjidnya, melainkan bentuk-bentuk minimalis dan berundak. Misalnya masjid Agung Demakatau Masjid Agung Banten.

Ini membuktikan bahwa kubah sebenarnya bukan asli warisan budaya Islam, “Kubah bukanlah peninggalan Nabi. Tapi, kubah telah melekat  erat dengan struktur arsitektur masjid."

1 komentar: