Minggu, 18 Februari 2018

Manfaat Kubah Masjid - 081235558859

Manfaat Kubah Masjid

Hasil gambar untuk makna bentuk kubah masjid
Kubah merupakan komponen arsitektur bangunan yang menjadi identitas serta ciri khas sebuah masjid. Kesan indah dan megah dapat terlihat dari sebuah masjid berkubah. Selain kesan megah dan indah yang dibawakannya tentu saja kobah memiliki fungsi yaitu secara estetis, dan praktis. secara praktis kubah berfungsi sebagai penanda arah kiblat dari sisi eksterior masjid, dari sisi interior masjid kobah berfungsi sebagai penerang.
Kubah merupakan elemen bangunan yang memberikan energi positif bangunan, dan bagi orang yang ada di dalamnya. dengan adanya energi tersebut, orang yang ada di dalamnya akan lebih leluasa, lapang, dan tenang dalam menjalankan ibadah. Energi positif tersebut muncul dari representasi simbol kobah. Keberadaan kubah  dalam desain arsitektur masjid yang disimbolkan sebagai kekuasaan, dan kebesaran Tuhan.
Peletakan kobah yang berada di atas bangunan dan menjadikannya sebagai titik tertinggi memberikan arti simbolik dari kekuasaan Tuhan, sedangkan tangkup kobah yang melebar mengartikan kebesaran Tuhan, sehingga pesan kekuasaan dan kebesaran Tuhan akan turut dirasakan mereka yang beribadah.
Bentuk kobah berbeda sesuai dengan desain kontraktor kubah yang disesuaikan dengan budaya dan tempat masyarakat Muslim hidup dan tinggal bahkan menjadi ciri khas atau identitas suatu tempat seperti Taj Mahal di Agra, India, Masjid  Biru di Istanbul, Turki, Kobah Batu di Yerusalem, dan lainnya. Keragaman bentuk kubah masjid menjadikan simbol bahwa Islam memberikan pilihan dalam berkreasi dan menggambarkan krearivitas umatnya dalam berbagai seni.
Adanya kobah sebagai identitas masjid berawal dari Kubah Batu (Dome of Rock) yang merupakan kobah dari Masjid Umar di Yerusalem. Kobah tersebut dibangun pada tahun 685 M. Interior masjid yang dihiasi bentuk geometris, ornamen tanaman rambat dan kaligrafi. Hiasan-hiasan tersebut menjadi ciri khas arsitektur Islam kala itu, bahkan hingga saat ini ornamen dan kaligrafi masih menjadi hiasan interior dan eksterior masjid.
Kontraktor dan arsitektur Islam secara tetap mengembangkan bentuk dan seni, dan berbagai macam gaya kubah yang bangun dan dirancangnya. Pada abad ke- 12 di Kairo, Mesir menjadikan kobah sebagai lambang dan komponen arsitektur nasional struktur penduduk Islam, dan saat ini bentuk dan wujud kubah terus berkembang dan bervariasi mengikuti perkembangan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar