Selasa, 13 Februari 2018

Pembuat Kubah Masjid - 081235558859

Hasil gambar untuk Kubah Masjid

Sejarah Kubah Masjid

Pembuat Kubah Masjid - Bila mendengar kata kubah tentu yang terlintas pertama kalinya di pikiran kalian adalah kebesaran Islam walau tak ada keharusan untuk masjid mempunyai kubah. Tetapi sebenarnya pemikiran itu salah. Mengapa? Karena sebenarnya penemu kubah yaitu orang-orang non muslim atau dapat disebut golongan mesopotamia, yang terletak di antara dua sungai besar, Eufrat dan Tigris yang sekarang menjadi Republik Irak. Mesopotamia sendiri berasal dari bahasa Yunani berarti "(daerah) diantara sungai-sungai". (Pembuat Kubah Masjid)

Pembuat Kubah Masjid

Pembuat Kubah Masjid
Katedral st. Basil di Moskow, Rusia
Penggunaan kubah tercatat mulai berkembang pesat di periode awal Kristen. Struktur dan bentang kubah pada waktu itu tak terlalu besar, seperti di bangunan Santa Costanza di Roma. Pada era kekuasaan Bizantium, Kaisar Justinian milai membangun kubah kuno yang megah. Beliau menggunakan kubah tersebut pada bangunan Hagia Sophia di Konstantinopel. Bangunan tersebut merupakan Basilika (Gereja besar) yang kemudian beralih fungsi menjadi masjid dan kini menjadi museum ini adalah salah satu bukti bahwa kubah bukanlah dari peradaban Islam. Bahkan di Moskow, Rusia ada juga Katedral (Gereja Katolik) yang menjadi ikon kota Moskow dengan kubah di bagian atasnya, sehingga dalam pandangan sekilas akan sangat mirip dengan Masjid. (Pembuat Kubah Masjid)
Melihat kemegahan gedung-gedung Kristen dan Romawi yang menggunakan kubah, maka tergugahlah kekhalifahan Islam untuk membangun masjid dengan kubah yang megah. Saat khalifah Abdul Malik (685-688 M) berkuasa, dibangun Dome of The Rock (kubah batu) atau lebih dikenal Masjid Umar di Yerusalem. Inilah masjid pertama yang menggunakan kubah dalam sejarah arsitektur Islam. Sejarawan Al Maqdisi menuturkan bahwa biaya pembangunan masjid itu mencapai 100 ribu dinar (koin emas). (Pembuat Kubah Masjid)
Pembuat Kubah Masjid
Dome of the Rock, Turki
Prof K Cresswell dalam Early Muslim Architecture menyatakan bahwa desain awal masjid Madinah sama sekali belum mengenal kubah. Menurut catatan sejarah dan penemuan bidang arkeologi pun, kubah pertama digunakan pada Masjid Umar di Yerusalem sekitar tahun 685 M sampai 691 M. Pada era berikutnya, tradisi kubah menjalar ke wilayah Iran dan Asia Tengah, Turki, Mesir, dan India. Di tanah Arab, kubah masih relatif jarang digunakan. (Pembuat Kubah Masjid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar